UNTUNG RUGI BUKU GRATIS DI SEKOLAH

assalamualaikum.

Pemerintah beberapa tahun belakang ini mulai menggratiskan buku sekolah. Dulu waktu anakku masih kecil, buku dijual di sekolah. Tapi supaya lebih hemat biasanya aku beli buku bekas atau memakai buku dari kakak kelasnya meski kadang2 ada beberapa guru yg melarang karena mungkin keuntungannya dari berjualan buku di sekolah jadi berkurang. Hehe. Waktu ke3 anakku bersekolah di suatu SMAN yg sama di bilangan jakarta pusat (alhamdulillah sekarang mereka dah jadi mahasiswa) , anehnya tiap tahun penerbitnya biasanya ganti2. Aku yakin ini modus supaya buku kakaknya gak bisa dipakai lagi & sekolah tersebut untuk mengakali larangan pemerintah berjualan buku , maka pihak sekolah menyewa rumah yg gak jauh dari sekolah untuk menyediakan buku mulai dari buku pelajaran sampai LKS.

Buat aku pribadi , murid supaya pintar memang harus punya buku. Jangan mengandalkan catatan dari sekolah supaya selain wawasannya luas juga mereka bisa banyak latihan dari soal yg ada. Seperti ada slogan di suatu penerbit yaitu b-b = 0. Artinya apa? Artinya belajar tanpa buku sama aja bohong. Sebagai orang tua kadang2 aku juga suka mengamati buku anak2ku. Jika kuanggap buku yg dipakai di sekolah kurang bagus biasanya kubelikan buku lain tapi yg bekas hehe apalagi saat mereka di kelas akhir

Nah dg banyaknya protes dari orang tua yg keberatan mulai dari harga buku yg mahal , buku pelajaran tiap thn ganti sehingga tidak bisa pakai lagi buku kakaknya, maka pemerintah mulai menggratiskan buku pelajaran. Orang tua seneng dong. Tapi disinilah masalahnya. Ternyata tidak semua pelajaran disediakan bukunya secara gratis terutama buat tingkat SMA (karena aku tahunya buat yg SMA. Jika buat SD di sekolah anak bungsuku semua buku lengkap termasuk LKSnya).  Lebih celaka lagi jika yg gak ada buku pelajaran pokok di jurusannya seperti buku kimia.

Kejadiannya bermula saat aku memberikan konsultasi murid kelas 3 yg bersekolah di SMAN tertua di Jakarta yg akan menghadapi ulangan. Mereka datang dg membawa kisi2 soal dari gurunya. Saat kutanya mana buku sekolahmu? Mereka menjawab gak ada. Buku LKS pun tak ada. Lalu kutanya terus gimana kalian belajar? Cuma dari catatan. Aku cuma bisa geleng2. Gimana bisa mereka cuma mengandalkan catatan dari gurunya. Memangnya gak pengen ya wawasannya luas. Lagipula jarang kutemui catatan pelajaran guru yg bagus & lengkap apalagi jika isinya berupa teori semua seperti jika di kimia ada pelajaran kimia unsur , kimia organik. Ini mungkin kerugian dari buku gratis di sekolah. Orang tua taunya semua buku sudah tersedia gratis padahal ada buku yg tidak disediakan sekolah & orang tua juga anaknya gak mau rugi. Padahal mereka bisa beli buku bekas atau kalo gak mau beli juga bisa download buku BSE. Kalau gak mau juga ya berarti memang gak mau pintar.

Ada lagi kasus siswa datang membawa buku latihan karena akan menghadapi remedial. Saat kutanya soal mana yg mau ditanya. Mereka menjawab semuanya 40 soal & ternyata soal2 tsb masih bersih. Satupun belum dikerjakan. Saat kutanya kenapa belum dijawab. Mereka menjawab kami gak ngerti sama sekali tentang sifat koligatif. Lah selama ini di sekolah saat guru mereka menerangkan , apa saja yg sudah dilakukan oleh siswa? Masak iya dari ke 40 soal gak ada yg bisa. Kata Bang Haji Rhoma TERLALU. Miris sekali melihat kelakuan siswa kayak gini

25 TAHUN

25 TAHUN YANG LALU IKRAR SUCI TERUCAP

25 TAHUN SUDAH KITA LALUI BERSAMA DALAM SUKA DAN DUKA

25 TAHUN KITA BERUSAHA SALING MENGENAL DAN MEMAHAMI

25 TAHUN SUDAH KITA MERAJUT CINTA dan CITA

SEMOGA KEKAL ABADI HINGGA DI AKHERAT NANTI

295012_278070902267127_1378246561_n

maria kecilwisuda maria

WISUDA UMI       IMG_0072

ariIMG_0075

AINAIN 2

IMG_0052

IMG_0023

ARTI BB DALAM HIDUPKU

assalamualaikum.

Huruf B adalah huruf ke 2 dalam abjad. Ternyata hidupku dikelliingi oleh huruf double B. Apa aja itu ?

1. Suamiku bernama BamBang Priyanto

2. Pembimbing skripsiku : BamBang Purwadi & BamBang Ismuyanto

3. Ketua RT ku : BamBang Guritno

4. Ketua RW ku : BamBang Utoyo

Yang terakhir aku tinggal di Jalan Sumber pelita gang BB.

Akankah ada BB lain > Waallahu alam

Perjalanan 20 tahun mengabdi di bimbingan belajar Nurul Fikri

Assalamualaikum.

Sobat , gak terasa tahun ini adalah 2 dasawarsa diri ini mengabdikan ilmu yg gak seberapa di Bimbel Nurul Fikri. Ingatan ini kembali ke masa2 cilikku. Sejak kecil aku sudah bercita2 ingin menjadi guru suatu cita2 yg zaman dulu atau mungkin juga sampai sekarang bukan cita2 yg keren. Kenapa pengen jadi guru? Karena termotivasi dg sabda Baginda Nabi Muhammad SAW yg mengatakan bahwa ilmu yg bermanfaat adalah salah satu amal jariah yg pahalanya akan terus mengalir selama ada yg mengamalkan. Asik kan tuh

“Karirku” sebagai guru dimulai sejak masuk SMP dg ngajarin anak tetangga yg masih kecil2 untuk belajar mengaji. Zaman dulu belum ada buku IQRA. Proses belajar mengajar ngaji libur kalo gurunya ulangan. Hehe. Lulus SMP aku berniat meneruskan sekolah ke SPG. Apaan tuh SPG. SPG adalah Sekolah Pendidikan Guru , suatu sekolah kejuruan setingkat SMA. Sekarang SPG cuma ada di Lampung. Kok bisa. Iya dong. Karena SPG di Lampung sama dengan Sekolah Pelatihan Gajah. hehe. Sayang niatku sekolah di SPG gak diijinkan ibuku dg alasan dari masuk SMP sampai lulus alhamdulillah aku selalu memegang predikat juara umum jadi sayang kalo cuma masuk SPG. Selain itu gaji guru dulu memprihatinkan. Demi berbakti kepada orang tua asek aku pun akhirnya masuk SMA 77.  Guru kimiaku yg bernama Bu Sondang sangat pandai mengajarkan kimia sehingga aku pun tertarik dg ilmu yg namanya kimia. Jika beliau lagi ada tugas keluar, kadang2 aku ngajarin teman sekelas. Alhamdulillah di SMA juga aku mendapat juara umum sampai lulus. Lulus SMA aku pengen kuliah di IKIP tapi kembali dilarang dg alasan yg sama. Ya udah aku kembali mengalah tapi aku minta syarat kuliahnya yg ada hubungannya sama kimia. Aku milih farmasi UI sbg pilihan pertama & kimia Univ Brawjaya sbg pilihan ke 2. Alhamdulillah diterima di pilihan ke 2.

Setelah menikah & punya anak 2, aku merasa kalo ilmu ini gak diamalkan akan sia2. Aku pun mulai melamar kerja jadi guru. Pertama aku diterima ngajar privat & di suatu bimbel di Jakarta Utara. Saat anak tetangga punya buku2 modul Nurul Fikri , aku pinjam bukunya buat latihan soal. Aku memberanikan diri untuk mengirimkan surat lamaran ke NF. Setelah melewati tes tertulis , tes mengajar alhamdulillah aku diterima. Proses mengajar diawali dg magang dg guru2 senior seperti Pak Arif Fadhlilah, Zultahrir. Mereka lah yg membentuk aku sampai sekarang. Awalnya cabang NF masih sedikit. Aku ingat fasilitas kelas hanya berupa kipas angin, staf lokasi merangkap jadi OB tapi itu gak menyurutkan semangat para guru , staf lokasi & murid untuk Maju bersama Allah. Cie cie. Saat anak ke 3 berumur 6 bulan aku sempatkan kuliah lagi ngambil Akta IV di IKIP Jakarta.  Kenapa aku ngambil Akta IV. Karena aku pengen ngerasain ngajar di sekolah. Ngajar di bimbel tentu beda ngajar di sekolah. Ngajar di sekolah kita bisa praktik sedangkan di bimbel gak bisa. Aku dah berusaha memasukkan lamaran via pos ke beberapa sekolah negeri & swasta di Jakarta. Entah kenapa satupun gak ada yg berminat menerimaku sbg guru. Apa karena aku gak punya kenalan “orang dalam” , akupun tak tau. Sering ditanya murid2ku ” Umi kenapa gak ngajar di sekolah”. Akupun menjawab ” gak ada yg mau”. hehe.

Sekarang NF berkembang pesat dg cabang yg tersebar di Jawa & Sumatra. Jika dulu fasilitasnya kipas angin & OHP sekarang sudah dilengkapi dg AC & LCD yg sangat membantu proses belajar mengajar. Dulu NF membuka kelas cuma SMA sekarang sudah ada mulai dari kelas 4 SD sampai kelas alumni alias Ronin.

Tentu banyak suka dukanya selama mengajar selama 2 dekade. Dukanya jika siswa gak serius dalam belajar apalagi sekarang adanya hp dg segala teknologinya. Ada juga yg belajar kayak kapal selam tapi lebih banyak nyelemnya daripada nimbulnya alias jarang masuk. Sering kuingatkan kepada mereka betapa orang tuanya sudah berkorban agar anaknya pinter. Kuberi istilah mereka adalah donatur. Kenapa donatur? karena cuma bayar tapi gak pernah atau jarang datang. Hehe. Pernah juga mendamaikan siswa karena mereka terlibat “perang” di media sosial. Aya aya ae. Sukanya jika murid2ku bisa mengerjakan soal ulangan / ujian & dapat nilai baik atau dapat di perguruan tinggi nasional. Terutama sekali jika muridku yg kuajar adalah kelas alumni alias Ronin. Rasanya bahagia sekali bisa mengantarkan mereka ke PTN idaman hati setelah tahun sebelumnya mereka gagal. Ah  aku sudah menganggap mereka seperti teman atau anak2ku sendiri sehingga hubungan jadi dekat meski sudah lulus sekolah.

Aku ingin menjadi guru yg menginspirasi bagi anak didikku. Guru yg mendidik murid2nya dg keteladanan & dg cinta. Aku ingin menjadi guru yg kehadiranku dirindukan oleh anak didikku.

Berikut foto-foto kenangan bersama sebagian muridku

25067_1313711603047_11738_n10392094_1115436644632_2032606_n247531_1847229057692_369291_n34112_1393338588421_1019490_n2015-06-03 12.29.01

2015-06-03 12.41.31IMG-20150605-WA0015

 

 

Berikut video hasil karya siswa NF Kenari 2014-2015

 

PELANGI & “PELANGI”

Assalamualaikum.

Sahabat , masih ingat kan lagu itu. Lagu yg kita dengar sejak masih kanak-kanak & mungkin akan diteruskan oleh anak cucu kita. Lagu yg menggambarkan keindahan ciptaan Allah.

Pelangi adalah salah satu pemandangan yang paling indah yang ditawarkan alam – saking indahnya, pelangi telah menginspirasi banyak dongeng, lagu, dan legenda.

Gimana sih terjadinya pelangi? Yuk kita simak video berikut :

Nah dari video tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa pelangi terbentuk mengikuti hukum Allah / sunnatullah. Melihat pelangi bisa menambah keimanan kita. Ya Allah tidaklah Engkau ciptakan sesuatu dg sia-sia. Melihat pelangi bisa memberi kesejukan pada mata , atau mungkin membawa kedamaian di hati.

Nah akhir-akhir ini di medsos mulai muncul gambar “pelangi”. Tapi “pelangi” yg satu ini bukan pelangi ciptaan Tuhan. Tapi pelangi yg dipakai sebagai simbol oleh kaum LBGT (lesbian , gay , bisexual , transgender). ” Pelangi”  yg tdk tunduk & enggan tunduk pada hukum Tuhan. “Pelangi” yg membuat orang yg menikmatinya tak akan menimbulkan kedamaian hati , kebahagiaan dunia akherat. Tapi “pelangi” yg menimbulkan penyakit , bencana , azab di dunia & akherat. Jadi pelangi manakah yg akan kita pilih

gambar-pelangi-indah-air-terjun

facebook_mark_zuckerberg_rainbow_profile_20150628_620_464_100

AKANKAH KITA KEMBALI KE PERADABAN UMAT NABI LUTH?

Assalamualaikum.

Kaum Luth telah mendustakan  para rasul. Saat saudara mereka Luth berkata kepada mereka ,”Mengapa kamu tak bertakwa? Sungguh aku ini seorang rasul kepadamu. Maka bertakwalah kepada Allah & taatlah kepadaku. Dan aku tak meminta imbalan kepadamu atas ajakan itu. Imbalanku hanyalah dari Tuhan seluruh alam. Mengapa kamu mendatangi laki-laki di antara manusia (berbuat homoseks). dan kamu tinggalkan (perempuan) yang diciptakan Tuhan untuk menjadi istri-istri kamu? Kamu (memang) orang-orang yang melampau batas.” Mereka menjawab, “Wahai Luth! Jika engkau tidak berhenti, engkau termasuk orang-orang yang terusir.” Dia (Luth) berkata, “Aku sungguh benci kepada perbuatanmu.” (Luth berdoa), “Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dan keluargaku dari perbuatan yang mereka kerjakan.” Lalu Kami selamatkan dia bersama keluarganya semua, kecuali seorang perempuan tua (istrinya) yang termasuk dalam golongan yang tinggal. Kemudia Kami binasakan yang lain. Dan kami hujani mereka (dengan hujan batu), maka betapa buruk hujan yang menimpa orang-orang yang telah diberi peringatan itu. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda (kekuasaan Allah), tetapi kebanyakan mereka tidak beriman. Al Qur’an Surat Ass Syu’ara’ ayat 160-174.

Sahabat, masih ingatkah kita dengan lagu tsb yg dinyanyikan oleh salah seorang penyanyi terkenal saat terjadi bencana gempa & tsunami yg dahsyat melanda negara ini.. Perhatikanlah sebagian dari lyriknya. sherina munaf mendukung kaum LGBT – baca selengkapnya

mempertahankan motivasi ngeblog

assalamualaikum.

Sahabat , bagaimana sih cara kita mempertahankan motivasi kita ngeblog.

Yg perlu kita ingat kita akan melakukan sesuatu jika ada manfaatnya buat kita.

apa aja  ya?

1. dengan ngeblog kita bisa berbagi pengetahuan

2. dengan ngeblog kita bisa menambah teman

3. dengan ngeblog kita bisa menambah penghasilan. Hehe

Nah dengan mengetahui manfaat tsb , tentu diharapkan kita bisa tetap aktif ngeblog